A. Visi
Kurikulum Operasional Sekolah disusun oleh Satuan Pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah. Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan diantaranya adalah: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, era informasi, pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, era perdagangan bebas. Tantangan dan peluang itu harus direspon oleh SMP Negeri 9 Kota Bima, sehingga visi sekolah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan cita-cita moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang. Adapun visi SMP Negeri 9 Kota Bima adalah:
“Terwujudnya peserta didik yang memiliki profil pelajar Pancasila, berkarakter “Maja Labo Dahu”, dan berwawasan lingkuangn yang asri”
B. Misi
Berdasarkan visi yang telah dirumuskan, untuk mewujudkannya diperlukan suatu misi berupa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Misi SMP Negeri 9 Kota Bima ditetapkan sebagai representasi dari indikator visi SMP Negeri 9 Kota Bima. Indikator visi tersebut yaitu Profil Pelajar Pancasila, karakter “Maja Labo Dahu” dan wawasan lingkungan yang asri. Berdasarkan indikator-indiaktor tersebut, terdapat 9 Misi SMP Negeri 9 Kota Bima yaitu sebagai berikut:
1. Indikator Profil Pelajar Pancasila
Misi:
1) Menciptakan Profil Pelajar yang berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif sehingga mampu mengkreasi ide dan keterampilan yang inovatif yang berlandaskan Imtaq.
2). Menciptakan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan berkarakter yang mampu memfasilitasi pelajar sesuai bakat dan minatnya
3). Menjamin hak belajar setiap anak tanpa terkecuali termasuk anak yang berkebutuhan khusus (inklusi) dalam proses pembelajaran yang menjunjung tinggi nilai gotong-royong
2. Indiaktor Karakter “Maja Labo Dahu”
Misi:
1). Meningkatkan manajemen satuan pendidikan yang adaptif, berkarakter “Maja Labo Dahu”, dan menjamin mutu
2). Menerapkan prinsip “Ka Tada Pu Rawi Ma Tedi, Ka Tedi Pu Rawi Ma Tada”Menerapkan prinsip “Ka Tada Pu Rawi Ma Tedi, Ka Tedi Pu Rawi Ma Tada”
3). Menciptakan lingkungan sekolah sebagai tempat perkembangan intelektual, sosial, emosional, keterampilan, dan pengembangan budaya lokal dalam kebhinekaan global
3. Indikator Wawasan Lingkungan yang Asri
Misi:
1). Menciptakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang mendayagunakan potensi alam dan lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya
2). Membiasakan warga sekolah untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan
3). Melatih peserta didik untuk bisa mengolah sampah menjadi barang yang bermanfaat
C. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai SMP Negeri 9 Kota Bima sebagai bentuk untuk mewujudkan visi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:
1. Tujuan Jangka Pendek (1 tahun)
a. Membentuk peserta didik yang beriman dan berakhlak mulia
b. Mendorong peserta didik untuk mampu mengkreasikan ide yang dituangkan dalam tulisan atau tindakan yang berakar pada budaya “Maja Labo Dahu”Mendorong peserta didik untuk mampu mengkreasikan ide yang dituangkan dalam tulisan atau tindakan yang berakar pada budaya “Maja Labo Dahu”
c. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang memacu peserta didik bernalar kritis, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ide dan gagasan
d. Mengoptimalkan sarana prasarana sekolah yang menunjang peseta didik dalam mengkreasikan ide/gagasan yang berakar pada nilai budaya lokal
e. Menciptakan peserta didik yang mampu bernalar kritis dalam pelaksanaan kegiatan berbasis projek yang mengedepankan jiwa kegotong-royongan
2. Tujuan Jangka Panjang (4 tahun)
a. Merancang pembelajaran yang mengedepankan ciri khas sekolah dan daerah dalam nuansa kebhinekaan global yang harmonis;
b. Membentuk peserta didik yang memiliki kemampuan daya saing, berkarakter, berprestasi dan memiliki pribadi yang beriman, rajin dan taat beribadah serta saling menghargai perbedaan dan mencintai lingkungan dan bangsanya
c. Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan nyata;
d. Menjadi pemimpin bagi diri dan temannya untuk menjadi pribadi yang bernalar kritis, tangguh, percaya diri dan bangga dalam kegotong - royongan
e. Menguasai kecakapan dalam berkomunikasi sosial dan berjiwa kompetitif, kreatif dan mandiri yang tetap menjunjung budaya lokal
f. Mempunyai life skill yang mampu beradaptasi dengan perkembangan jaman
g. Mampu mengkreasikan ide/gagasan yang dituangkan dalam tindakan atau karya yang berakar dari budaya “Maja Labo Dahu” dalam kebhinekaan global
h. Mempunyai karakter yang sopan, santun dan mandiri, kreatif yang mampu bersaing sesuai perkembangan jaman
i. Menjadikan sekolah sebagai tempat untuk mengembangkan proses perkembangan intelektual, emosional, sosial, ketrampilan dan tumbuh kembang peserta didik sesuai tingkat kemampuan dan kondisi masing masing peserta didik yang mengedepankan nilai gotong royongMenjadikan sekolah sebagai tempat untuk mengembangkan proses perkembangan intelektual, emosional, sosial, ketrampilan dan tumbuh kembang peserta didik sesuai tingkat kemampuan dan kondisi masing masing peserta didik yang mengedepankan nilai gotong royong.
j. Menjadikan masyarakat dan orang tua sebagai mitra bersama dalam menjalankan penyelenggaraan pendidikan sekolah