Operator Sekolah Penggerak SMP Negeri 9 Kota Bima Melakukan Pemutakhiran Berbasis Data
Dalam
rangka menyuguhkan data-data yang falid dan akurat terutama data sarana dan
prasarana sekolah operator sekolah Miratun
Aini, S.Pd. (Mira), gadis cantik yang penuh enerjik ini terus melakukan
pemutakhiran data sekolah dengan melakukan pemetaan luas bangunan, jumlah serta
kelayakan ruangan dan fasilitas yang ada. Kegaiatn yang dilakukan hari ini
Selasa 14 Februari 2023 adalah memastikan tata letak serta kelayakan dari
sejumlah ruangan dengan mengambil gambar/foto tiap ruangan yang ada.
Menurut
ibu Mira pendataan sarana dan prasarana
sudah dilakukan sejak dua minggu yang lalu, hal itu dilakukan mengingat data-data
yang akan disuguhkan merupakan data riil sesuai kondisi nya yang ada disekolah.
Data ini selain dalam bentuk daftar ruang dan kondisi masing juga harus
disertai dengan foto.
Penjaringan
informasi di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) berawal di tingkat satuan
pendidikan, baik entitas satuan pendidikan, peserta didik, dan juga pendidik
dan tenaga kependidikan. Satuan pendidikan tidak lain adalah sumber informasi
dalam pendataan Dapodik.
Keberadaan
Operator sekolah sangat penting, karena sebagai ujung tombak pendataan.
Tugasnya tidaklah ringan, yang utama tentunya mengirimkan semua data yang
dijaring melalui Dapodik dengan lengkap dan akurat. Untuk mendapatkan data yang
lengkap dan akurat tentu tidak diperoleh dengan mudah, dibutuhkan ketekunan dan
ketelitian tinggi. Kualitas pengelola data yang bertugas pada akhirnya selalu
mempengaruhi kualitas Dapodik di satuan pendidikannya.
Menurut Kepala sekolah
M. Nasir, S.Pd, operator sekolah merupakan salah satu pusat informasi bagi
Kepala Sekolah, guru, maupun peserta didik yang bertanya soal keakuratan
dapodik. Operator sekolah menjadi pihak yang sering diandalkan dalam bidang
data dan sistem. Oleh sebab itu, operator harus memiliki kemampuan
mengoperasikan Teknik Informasi dan Komputer (TIK). Ini dilakukan agar proses
pelaporan dapodik dapat berjalan dengan efektif dan lancar. (nsir)