Terapkan Pembelajaran Yang Berpusat pada Siswa, Guru IPS Membagi Siswa Kedalam Beberapa Kelompok

Kota Bima, Suasana kelas yang diampu oleh salah seorang guru IPS Erni Rukmini, S.Pd., menjadi sedikit gaduh dengan pengaturan meja dan pembagian kelompok yang komunikatif. Hal itu mengundang rasa ingin tahu Kepala Sekolah untuk melakukan observasi secara spontan, perihal pembelajaran yang dilakukan oleh ibu Erni tersebut.

Hasil pengamatan Kepala Sekolah M. Nasir menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dalam menerima pelajaran yang terskenario dengan sangat bagus dan menyenangkan. Guru berperan sebagai fasilitator yang mampu membangkitkan ketertarikan siswa terhadap suatu materi belajar dan menyediakan beraneka pendekatan cara belajar siswa. Selanjutnya guru tersebut mampu memfasilitasi dan membimbing siswa mengumpulkan informasi-informasi pendukung fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip, proses-proses maupun prosedur-prosedur tersebut untuk kemudian dibimbing mengasosiasikan, menemukan hubungan dan menyimpulkan serta mempresentasikan dihadapan teman-temannya. Ungkap Nasir.

Dengan demikian pembelajaran yang dilakukan oleh Erni Rukmini teserbut sudah mampu melaksanakan Pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centred learning).  Dimana menempatkan siswa sebagai individu yang memiliki bibit ilmu di dalam dirinya yang memerlukan berbagai aktifitas / kegiatan untuk mengembangkannya menjadi pemahaman yang bermakna terhadap sesuatu hal. Siswa terlibat mengkonstruksi pemahaman melalui penalaran oleh diri sendiri maupun dalam kelompok diskusi atau suatu kelompok kecil yang membahas suatu materi belajar. Guru lebih bersifat sebagai fasilitator dalam proses membangun pengetahuan tersebut.(Ns)