Semangat Pagi Anak Hebat! SMPN 9 Kota Bima Awali Hari dengan Tadarus, Senam, Refleksi 7 Kebiasaan, dan Penyusunan Rencana Pembelajaran Bermakna

Sabtu, 19 Juli 2025 – Pagi penuh semangat mewarnai lingkungan SMPN 9 Kota Bima dalam rangkaian kegiatan pembiasaan karakter dan peningkatan kualitas pembelajaran. Kegiatan hari ini diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan tenaga kependidikan sebagai bagian dari komitmen mewujudkan budaya sekolah yang berkarakter, sehat, dan berpikir kritis.

Kegiatan dimulai pukul 07.10 WITA dengan Tadarus Al-Qur’an yang dipimpin oleh siswa kelas IX. Suasana penuh kekhusyukan tercipta saat ayat-ayat suci dilantunkan bersama-sama, membangun spiritualitas dan menanamkan nilai religiusitas di awal hari.

Dilanjutkan dengan Senam Anak Indonesia Hebat yang diikuti dengan antusias oleh seluruh warga sekolah. Gerakan dinamis dan irama semangat dari senam menjadi energi positif yang menyegarkan jasmani sekaligus mempererat kebersamaan.

Usai senam, siswa melanjutkan dengan kegiatan penyusunan jurnal 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat. Setiap siswa mencatat pencapaian dan tantangan yang mereka alami selama satu minggu dalam menerapkan kebiasaan positif, seperti bertanggung jawab, disiplin, empati, dan kolaborasi. Kegiatan ini memberikan ruang refleksi yang memperkuat karakter dan kebiasaan baik.

Dalam sesi refleksi dan evaluasi kelompok, siswa bersama guru fasilitator membahas pencapaian pribadi maupun kelompok terkait penerapan kebiasaan baik di sekolah dan lingkungan rumah. Diskusi berjalan hangat, memberikan ruang aman untuk berbagi pengalaman dan belajar dari satu sama lain.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyusunan rencana program mingguan, di mana tiap kelas menyusun target kebiasaan dan program sederhana yang akan dijalankan minggu berikutnya. Beberapa di antaranya meliputi program “Senyum dan Sapa Pagi”, “Bersih Kelas Bergilir”, dan “Teman Bantu Teman Belajar”.

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, guru-guru juga melaksanakan penyusunan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran mendalam (deep learning). Dalam kegiatan ini, guru berdiskusi dan menyusun rencana pelajaran yang berfokus pada pembelajaran bermakna, kontekstual, menggembirakan, dan membangun keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Fokus utamanya adalah merancang kegiatan belajar yang mengintegrasikan literasi, numerasi, dan karakter, serta mendorong siswa untuk aktif mengeksplorasi, bertanya, dan mencipta.

“Hari ini kita tidak hanya membangun kebiasaan baik bagi siswa, tapi juga membangun semangat guru untuk merancang pembelajaran yang menginspirasi. Kita ingin setiap pembelajaran bukan hanya mengajar, tapi menyalakan semangat belajar siswa,” ungkap Kepala Sekolah dalam penutup kegiatan.

Dengan sinergi yang kuat antara siswa dan guru, SMPN 9 Kota Bima terus melangkah mantap menuju sekolah yang tidak hanya cerdas secara akademik, tapi juga tangguh dalam karakter dan kreativitas